Fasilitas dan Pelayanan

img

UGD

Pelayanan kegawat daruratan untuk penyakit ginjal dan hipertensi tersedia 24 jam.

Walaupun UGD ini bersifat khusus tetapi kami tetap melayani pasien yang mengalami kegawat daruratan penyakit lain, tetapi setelah melewati masa kegawat daruratan segera kami rujuk ke rumah sakit yang lebih kompeten jika secara medis itu diperlukan.

img

Laboratorium

Pelayanan laboratorium kami untuk mendukung pemeriksaan yang berhubungan dengan penyakit ginjal dan hipertensi, sehingga dapat lebih cepat untuk menentukan tindakan dokter yang tepat.

img

Hemodialisa

Layanan hemodialisa pada Rumah Sakit Khusus Ginjal Rasyida ditangani oleh 2 (dua) orang dokter spesialis penyakit dalam sub spesialis ginjal dan hipertensi yaitu Prof. dr. Harun Rasyid Lubis, Sp.PD., KGH., dan dr. Alwi Thamrin Nasution, Sp.PD., KGH..

Pelayanan hemodialisa juga didukung oleh perawat-perawat yang sudah terlatih menangani hemodialisis.

Kami terus meningkatkan kemampuan perawat dengan melakukan pelatihan-pelatihan hemodialisis baik di kota Medan maupun keluar kota Medan, dan juga melakukan studi banding keluar negeri bagi tenaga medis dan administrasi untuk dapat meningkatkan pengetahuan terkini penanganan hemodialisis yang tepat dan aman yang terus mengalamai perkembangan.

Saat ini kami menyediakan 50+ tempat tidur dengan unit mesin hemodialisa untuk pelayanan hemodialisis sekali waktu pelayanan. Dan kami dalam persiapan fasilitas untuk perlakuan hemodialisa dengan membuka shift tambahan, yaitu shift ke-tiga pada malam hari.

Standard pelayanan hemodialisis yang kami gunakan saat ini berdasarkan ketentuan-ketentuan PERNEFRI (Persatuan Nefrologi Indonesia). Setelah ada indikasi pasien mengalami gangguan ginjal, pemeriksaan-pemeriksaan laboratorium seperti Ureum, Creatinin, dan lain-lain yang dibutuhkan (Serologi) untuk tindak lanjut penanganan.

Pelayanan hemodialisa telah bekerjasama dengan ASKES sejak tahun 2008 dan kerja sama tetap dilanjukan saat ASKES berubah menjadi BPJS Kesehatan pada tanggal 01 Januari 2014. Hingga kini kami melayani pasien JKN. Tidak ada diskriminasi layanan hemodialisa bagi pasien JKN dengan pasien Umum lainnya. Kami juga melayani pasien HD Traveling dari daerah lain dengan membawa data-data pasien seperti surat traveling dari Unit Perawatan Hemodialisa sumber, surat pengantar dari BPJS Kesehatan dan data Serologi tiga bulan terakhir.

Di Rumah Sakit kami, pasien hemodialisa yang berminat dapat bergabung dalam Program Pemantauan Peningkatan Kualitas Hidup (P3KH) sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup pasien. Program ini didesign oleh Prof. dr. Harun Rasyid Lubis, Sp.PD, KGH.

img

Farmasi

Pelayanan Farmasi Rumah Sakit Khusus Ginjal Rasyida lebih di utamakan untuk melayani pasien hemodialisa, namun menyediakan juga pelayanan farmasi bagi masyarakat umum.

img

Radiologi, USG, EKG

Pelayanan X-Ray sebagai pendukung untuk pemeriksaan ginjal merupakan standard pemeriksaan yang kami terapkan, demikian juga dengan tindakan USG yang dilakukan sebagai data penunjang untuk keakuratan kesehatan ginjal pasien. Pelayanan EKG dapat juga dilakukan untuk indikasi pasien yang mengalami gangguan kesehatan jantung.

img

Pelayanan Rawat Inap

Kami menyediakan fasilitas rawat inap dengan kelas sebagai berikut :

No. Kelas Kamar Kapasitas
1. Super VIP 1 1
2. VIP 3 3
3. Kelas 1 4 4
4. Kelas 2 2 4
5. Kelas 3 2 6
6. ICU 1 2
img

Pelayanan Poliklinik/Dokter Spesialis

Poliklinik rawat jalan yang tersedia di rumah sakit kami adalah :

No. Poliklinik Tenaga Ahli
1. Spesialis Penyakit Dalam Sub Spesialis Ginjal dan Hipertensi Prof. dr. Harun Rasyid Lubis, Sp. PD., KGH
2. dr. Alwi Thamrin Nasution, Sp. PD., KGH.
3. Spesialis Ginjal Anak Dr. dr. Oke Rina Rahmayani, Sp.A (K)
4. Spesialis Penyakit Dalam dr. Bayu Rusfandi Nasution, Sp. PD.
5. dr. R. Arief Banu Pradipta, Sp. PD.
6. dr. Alfred Trimulfa Situmorang, Sp. PD.
7. Spesialis Bedah Vaskuler dr. Muhammad Ali Syahputra, Sp. B. TKV.
img

Pelayanan Double-Lumen

Doublelumen adalah sarana hubungan sirkulasi pada pasien yang sudah diindikasikan gagal ginjal dan harus menjalani tindakan hemodialisis. Dokter Sub Spesialis Ginjal dan Hipertensi memiliki kompeten untuk melalukan operasi kecil disekitar leher sebagai sarana untuk tindakan hemodialisis. Doublelumen ini hanya bersifat sementara lebih kurang sekitar tiga bulan. Setelah dinyatakan oleh Nefrolog bahawa pasien harus menjalani hemodialisis permanen maka sarana hubungan sirkulasi (SHS) juga harus dilakukan yaitu CIMINO.

img

Pelayanan Cimino

Tindakan Cimino ini dilakukan oleh dokter bedah vaskular, sebagai media SHS yang bersifat permanen maka cimino ini harus sudah mulai dibuat oleh dokter minimal 2 bulan sebelum usia SHS Doublelumen tidak berfungsi lagi. Maping pembuluh darah sebagai upaya untuk memudahkan dan meningkatkan kualitas cimino menjadi standar yang kami terapkan dalam pelayanan Cimino ini.

img

Pelayanan Gizi

Pengaturan gizi bagi pasien hemodialisis harus mendapat perhatian, karena berkaitan dengan kualitas kesehatan pasien rawatan hemodialisa. Kami terus mengedukasi pasien dan keluarga untuk mengatur gizi pasien hemodialisis ini.

img

Pelayanan Ambulan

Kami menyediakan pelayanan Ambulan anar jemput gratis bagi pasien Hemodialisis yang dirawat inap di Rumah Sakit lain dan akan melakukan hemodialisis di RS. Khusus Ginjal Rasyida.